Kamis, 20 Desember 2012

Makanan Khas Palopo Sulawesi Selatan

Menapaki perjalanan panjang yang cukup melelahkan, dengan jarak tempuh sekitar 362 Km dari Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan , bukanlah hal sia-sia untuk menikmati keramahan khas sebuah kota yang menampakkan citranya melalui bentuk Kota Tujuh Dimensi yang terletak diujung Propinsi Sulawesi Selatan dengan luas wilayah 247,52 km2 , yang berbatasan dengan Kabupaten Luwu dibagian Selatan dan Utara, Kabupaten Tanah Toraja dibagian Barat dan Teluk Bone dibagian Timur.
Kota palopo juga mempunyai beberapa makanan khas. Mari kita lihat diantaranya:

1. Dange

Merupakan makanan tradisional masyarakat Bugis, terutama yang di daerah Luwu. Sudah menjadi santapan sehari-hari masyarakat Luwu menikmati makanan satu ini. Biasanya di acara keluarga atau acara tudang sipulung (ramah tamah) selalu dange dan makanan tradisional lain menyertai. Dange yang kaya karbohidrat tersebut merupakan makanan pokok sebagian masyarakat jaman dulu, yang kadar gulanya sangat rendah ketimbang nasi. Makanya beberapa penderita diabetes akhirnya menjadikan dange sebagai bahan terapi untuk mengurangi konsumsi nasi yang kadar gulanya cukup tinggi.Makanan ini berbahan dasar dari sagu, dibuat di atas tungku dengan menggunakan kotak yang bisa memasukkan tepung sagu sehingga terbentuk kotak-kotak tipis. Dimasak beberapa lama, sampai terlihat sudah berwarna abu-abu dan terlihat sudah melekat butiran-butiran sagunya.


2. Lawak Pakis
Lawak adalah makanan khas palopo yang terbuat dari sayur pakis, kelapa parut, dan bumbu dapur lainnya



3. Dempo Durian
Dompok durian ini adalah salah satu makanan khas dari kota Palopo yang merupakan penghasil duria, biasanya disini durian dijual per telaja, dipana 1 telaja berisi 3 buah durian yang diikat dengan tali/daun enau harganya jika sedang murah bisa 5000/telaja. Emm makanan yang berasal dari durian ini enak n legit banget..makanan seperti ini yang dinamakan lempok durian atau dodol durian,
Tetapi ternyata dompok itu bisa dnikmati dan diolah lagi, seperti jadi dompok goreng atau juga bisa dicampur dengan kolak.




4. Bolu Pecca
Pertama makan ini bolu pasti kaget, dimana2 kue bolu pasti kering gitu dan lembut, tapi bolu pecca khas bugis ini beda ama bolu yang lain karena teksturnya lembut dan basah.



5. Parede
Parede merupakan masakan khas palopo, ditilik lagi ini masakan mirip dengan asam pedas khas padang atau asam keeng khas aceh, tapi orang palopo jg punya versi yang beda

Sumber : Forum bergaul FB
Sumber :  http://galeripalopo.blogspot.com/2012/11/makanan-khas-palopo-sulawesi-selatan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar